Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Olahraga

UMS Kerjasama Perkuliahan Join Degree dengan University Of Hull Inggris

Langkah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menuju  World Class University  terus digerakkan. Kerjasama internasional yang dilakukan UM...


Langkah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menuju World Class University terus digerakkan. Kerjasama internasional yang dilakukan UMS dengan universitas terkemuka di luar negeri semakin merata. Kali ini, UMS menggandeng University Of Hull United Kingdom, yang merupakan sebuah universitas riset publik di Kingston Upon Hull, yakni sebuah kota di East Riding of Yorkshire, England. Pertama didirikan pada tahun 1927 sebagai University College Hull, dan dinobatkan sebagai Top 50 lembaga di Inggris, dalam untuk research power dari Times Higher Education.

Mulai dua tahun yang lalu, UMS sudah melakukan komunikasi dengan University Of Hull  untuk penyeimbangan kurikulum Program Studi Manajemen kelas Internasional. Pada Selasa (26/3) kemarin, perwakilan dari University Of Hull, diwakilkan oleh Lynne Barrow dan Jodie Renshaw berkunjung ke Kampus UMS.

"Ini kunjungan resmi dari Hull (red – University Of Hull), sebelum ini kita sudah memulai komunikasi terkait kerjasama. Dan sudah kita rintis selama dua tahun melaui komunikasi digital, facebook dan Skype secara intens. Dalam hal kurikulum kami mencoba memadukan dengan kurikulum kuliah manajemen di sana, dan ini tinggal tandatangan MoU," keterangan dari Soepatini, Ph.D sebagai Kepala Bidang Kerjasama BKUI UMS, setelah selesai acara di Ruang Seminar Pascasarjana UMS. Ia juga menambahkan kuranglebih dalam waktu satu minggu ke depan, MoU kerjasama resmi akan dimiliki UMS dan University Of Hull.

Dalam kunjungan yang bertajuk 'Building University Global Partnership Network" ini, dihadiri oleh mahasiswa Manajemen FEB UMS kelas Internasional semester satu sampai enam. Mahasiswa diberi motivasi untuk bisa kuliah diluar negeri, khususnya di University Of Hull tesebut. Lynne Barrow menceritakan tentang kehidupan kuliah di kampusnya, mulai dari sejarah universitas, suasana perkulihan, sistem perkuliah, total biaya, sampai seluk beluk biaya dan fasilitas kos di UK dia ceritakan. Tampak raut gembira dan keinginan yang tingi untuk kuliah disana, terpancar dari para mahasiswa yang hadir.

Soepatani, Ph.D juga menjelaskan bentuk kerjasama antar kedua Universitas tersebut salah satunya yaitu Join Degree, tiga tahun kuliah di UMS, satu tahun di University Of Hull. "Kita kerjasamakan bentuknya join degree, yaitu 3 plus 1, jadi 3 tahun di UMS tambah 1 tahun di Hull University. Sebelumnya FEB UMS sudah jalin kerjasama dengan Taiwan, Korea dan Australia" Ujar Kelapa Kerjasama BKUI itu.

Lynne dan Jodie utusan University Of Hull ini, sebelumnya berkunjung ke Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan satu-satunya PTS yang didatanginya yaitu UMS. Agenda kunjungan tersebut berlangsung kurang lebih satu jam, dimulai pukul 10.00 – 11.oo WIB.

Sementara Dr. Syamsudin, M.M. Dekan FEB UMS, turut menghadiri kunjungan tersebut. Dia menangapi bahwa hasil kunjungan kali ini dirasa baik dan bisa memotivasi mahasiswa untuk kuliah di United Kingdom. "Sangat manfaat ya, dan bisa memotivasi bagi mahasiswa" pungkasnya. (Risqi) sumber: ums.ac.id

Iklan Halaman Depan